body hidrasi.jpg
Hidrasi adalah kondisi yang penting untuk membuat Anda tetap konsentrasi, waspada, kecepatan, dan performa yang lebih baik saat berolahraga. Jika Anda dehidrasi, akan menimbulkan gejala tubuh cepat lelah, cepat mengantuk, pusing, sakit kepala, mulut kering, jantung berdebar lebih cepat, hingga kondisi kulit yang tidak elastis dan kenyal. 
 
Karena itu, menjaga keseimbangan cairan tubuh adalah sangat penting. Orang dewasa idealnya mengonsumsi lebih dari 8 cangkir cairan setiap harinya untuk mengimbangi kebutuhan cairan dalam tubuh. Nah, dalam hal ini, cairan yang dikonsumi bisa berupa air putih dan bisa juga dikombinasikan dengan teh. 
 
Dari banyaknya penelitian, teh yang terdiri dari 90% air dan nol kalori telah direkomendasikan menjadi pilihan kedua setelah air putih untuk menghidrasi tubuh. Mitos bahwa kandungan kafein dalam teh yang bisa menyebabkan berkurangnya cairan tubuh juga tidak pernah terbukti. Tidak ada bukti ilmiah dari penelitian yang pernah dilakukan yang menunjukkan kalau teh bisa menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh. Kecuali jika seseorang mengonsumsi cairan berkafein lebih dari 300mg (atau setara dengan 7 cangkir teh) dan dari beragam sumber minuman, misalnya kopi, kola, dan minuman berenergi. Ini bisa saja mengakibatkan diare dan kehilangan cairan.
 
Karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika kamu adalah pecinta teh dan rajin mengonsumsinya setiap hari. Yang perlu kamu pastikan adalah kamu mengonsumsinya tanpa tambahan gula. Batasan konsumsi gula kita sehari hanya 3-6 sdm atau setara dengan 25-50g saja ya!