artikel-Mei-1b.png

Menurut banyak orang, Hipster adalah orang-orang yang menyukai pakaian, musik, makanan, dan aktivitas yang tidak mainstream atau disukai oleh orang kebanyakan. Hal-hal tidak mainstream ini contohnya: benda-benda vintage yang mulai ditinggalkan, style tahun 1990an ke bawah, hingga warung kopi yang jarang didatangi remaja kini mulai ramai disinggahi anak muda untuk berkumpul di sana.

Fashion sama pentingnya dengan selera musik. Bukan suatu keharusan untuk berbelanja di toko pakaian klasik, tapi berpenampilan tidak seperti orang kebanyakan itulah ‘misi’ seorang hipster.  Beberapa fashion label mengkhususkan diri untuk hipster dan yang cukup terkenal di antaranya adalah American Apparel, H&M, ASOS, CobraSnake, dan Urban Outfitters. Toko-toko independen adalah surga para hipster, karena toko yang sangat jarang terdengar itu "sangat keren". Contohnya, belilah pakaian dari toko fashion/distro lokal di daerahmu.

Musik indie adalah bagian besar dari menjadi seorang hipster. Carilah daftar artis-artis independen di dunia musik, khususnya di genre nu-rave, techno minimalis, indie rap, nerdcore, Elephant 6, garage rock, classic rock, dan lainnya. Contoh musisi hipster yang patut dikoleksi di antaranya Belle & Sebastian, Electric President, Stray Kites, Jens Lekman, Neutral Milk Hotel, M83, Neon Indian, Neon Neon, Margot & The Nuclear So and Sos, dan King Khan and the Shrines. Blog-blog musik seperti Gorilla vs. Bear, Indiehere, /mu/, Soundcloud, Last FM dapat membantumu memilih band yang cocok untuk didengarkan. Bertemu dengan para pelaku, musisi, komunitas pecinta musik indie juga akan membantumu memperluas katalog musik.

Go green. Sebagian kaum hipster pun sering mengarahkan diri menjadi seorang vegan atau vegetarian. Layaknya kaum Hippies di tahun 70an, mereka tidak mengkonsumsi daging, hanya sayur dan buah-buahan. Dalam kehidupan sehari-hari pun mereka membiasakan untuk selalu ‘hijau’. Penggunaan barang recycle/daur ulang kerap menjadi pemandangan yang biasa. Mulai dari sepeda yang sudah diletakkan di gudang, pakaian kakek dan nenek semasa muda, buku dan majalah lama, dan lainnya. Namun ingat, tetap jaga kebersihan barang-barang yang akan digunakan ya!

So, how hipster are you, Friends?