Indonesian Independence Day-bsr.png

17 Agustus selalu menjadi tanggal yang spesial untuk seluruh rakyat Indonesia. Di hari itu, kita semua memperingati Hari Kemerdekaan dan merayakannya dengan mengikuti banyak kegiatan.  seperti perlombaan balap karung, tarik tambang atau panjat pinang. Tetapi untuk mencapai detik-detik kemerdekaan, banyak hal yang terjadi saat itu. Yuk simak beberapa fakta yang terjadi sebelum tanggal 17 Agustus 1945.

1. 16 Agustus 1945
Sehari sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, 16 Agustus 1945, Soekarno-Hatta diculik oleh Soekarni, Yusuf Kunto, dan Syodanco Singgih ke Rangasdengklok. Pada sore harinya, Ahmad Soebarjo memberi jaminan bahwa selambat-lambantnya esok hari tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno-Hatta akan memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia, maka Cudanco Subeno (komandan kompi tentara PETA di Rengasdengklok) memperbolehkan Soekarno-Hatta kembali ke Jakarta.

2. Mengapa 17 Agustus 1945?
Hari proklamasi bangsa indonesia ini jatuh pada hari ju’mat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi dan merupakan hari ke-8 Ramadhan 1364 Hijriah. Alasan Soekarno menetapkan tanggal tersebut adalah, karena saat berpuasa berarti saat yang paling suci dan hari Jumat legi merupakan Jumat yang berbahagia juga bertepatan dengan tanggal turunnya Al-Qur’an.

3. Naskah Proklamasi
Teks proklamasi disusun oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo di kediaman Laksamana Tadashi Maeda, Jalan Imam Bonjol No 1, Jakarta Pusat. Hal ini berlangsung sejak pukul 02.00 hingga pukul, lalu dibacakan pukul 10.00 WIB.

4. Bendera yang dijahit dari seprei
Setelah proklamasi dibacakan, dilanjutkan oleh pengibaran bendera merah putih yang dijahit oleh istri Ir. Soekarno, Ibu Fatmawati.  Warna putih bendera tersebut dibuat dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto.

5. Negara-negara yang paling dahulu mengakui RI
Setelah proklamasi dibacakan, para wartawan dan pemuda menyebarluaskan berita ini melalui radio, poster, surat kabar, selebaran, dan mulut ke mulut. Yang paling dahulu mengakui Indonesia adalah negara-negara arab, seperti Mesir, Libanon, Syria, Afganistan, Birma, Saudia Arabia, Yaman dan Palestina.

Oke, Friends! Itu dia beberapa fakta tentang hari proklamasi yang patut kita ketahui. Terus bangkitkan semangat 45 dalam diri kamu ya. Merdeka!