body 1 chamomile.jpg
 
Bunga Chamomile atau Chamomile German memang dikenal sejak zaman Mesir Kuno sebagai salah satu tanaman yang digunakan sebagai obat-obatan. Karenanya Chamomile masuk ke dalam kategori tanaman herbal. Di zaman modern ini, Chamomile dihadirkan dalam banyak bentuk, seperti kapsul, tablet, obat tetes, dan tentu saja yang paling popular adalah salah satu jenis teh herbal, yaitu teh Chamomile.
 
Chamomile banyak digunakan sebagai salah satu obat herbal untuk membantu meringankan gejala penyakit yang sifatnya menenangkan, seperti meringankan sakit karena sembelit, kram perut, demam, dan sulit tidur.
 
Chamomile juga dikenal sebagai obat tradisional yang membantu oranng dengan insomnia atau gejala resah. Efek menenangkan Chamomile datang dari flavonoid, yaitu zat yang memberikan efek menenangkan seperti halnya dalam cokelat. Sebuah penelitian klinis dilakukan pada para 10 pasien penederita gangguan jantung yang jatuh tertidur nyenyak selama 90 menit setelah  diberi secangkir teh chamomile. Sebuah penelitian berbeda juga membuktikan dengan menghirup aroma chamomile dapat membantu mengurangi stress dalam level yang ringan. 
 
Nah, kalau kamu memang kesulitan tidur atau sulit rileksasi, tak perlu langsung mencari obat. Kamu bisa mencoba memanfaatkan khasiat Chamomile ini dengan mengonsumsi secangkir teh Chamomile hangat secara teratur. Praktis dan nikmat.